Personel Sudin Gulkarmat Jakpus Dilatih Operasikan Tekanan Pompa

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Sebanyak 15 personel Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat mengikuti pelatihan pengoperasian tekanan pompa air. Pelatihan berlangsung di kawasan Taman Ismail Marzuki, Menteng

Kepala Sektor Menteng Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, Sani menuturkan, peserta pelatihan terdiri dari tujuh personel cadangan Grup B dan delapan personel Kompi A Sektor 3 Menteng.

"Mereka kita latih mengoperasikan medium-pressure pump dan kopling induktor AF3. Kami ingin mereka lebih mumpuni dan profesional," kata Sani

Dijelaskannya, sebagai pengayaan kemampuan, petugas dituntut dapat mengombinasikan dan membuat tekanan air yang ada di mobil pemadam kebakaran (damkar) menjadi penyedot drum foam dan disatukan ke nozzle. Hal ini perlu dilakukan pada penanganan kebakaran kelas B yang meliputi sumber api dari minyak dan gas.

"Pelatihan ini sangat penting. Sebab, petugas harus selalu sigap menghadapi kondisi di lapangan setiap kali masyarakat membutuhkan," tandasnya.(Pr/kj/al)